Pertolongan Pertama Bila Terkena Air Keras

Air keras sendiri merupakan istilah umum yang dipakai untuk bahan-bahan bersifat iritan kuat. Air keras bisa berupa cairan asam atau basa tinggi yang sangat iritatif sehingga bisa merusak kulit atau permukaan lainnya yang terpapar. Itu sebabnya sangat penting untuk melakukan pertolongan pertama yang benar dan tepat ketika ada seseorang atau bahkan Anda sendiri disiram air keras.

pertolongan pertama bila terkena air keras

Air keras memang bahaya, terkena benda mati saja bisa menimbulkan kerusakan, apalagi jika terkena kontak langsung dengan tubuh. Lalu seperti apa pertolongan pertama bila terkena air keras?

1. Menyiram Bagian Luka dengan Air yg Mengalir
Pertolongan pertama yang harus Anda lakukan adalah dengan menyiram bagian yang terpapar dengan air bersih yang mengalir. Dilansir msdsonline.com, Anda juga disarankan untuk menggunakan air hangat. Siram bagian tersebut selama mungkin, 10 hingga 30 menit secara terus menerus.

Begitu juga jika bagian mata terkena cairan berbahaya ini. Siram dengan air bersih setidaknya 30 menit, dan segera cari bantuan medis. Air keras bila terkena mata bisa menimbulkan kebutaan.

Dalam beberapa insiden, air keras juga bisa tertelan. Jika ini terjadi, segera berkumur beberapa kali dan minum air atau susu.

2. Melepas Benda yang Terkontaminasi
Lepaskanlah segala benda yang terkontaminasi dengan air keras seperti pakaian, perhiasaan, ataupun benda lainnya yang sedang dipakai. Tujuannya, agar memudahkan mengalirkan air ke area yang terpapar air keras tersebut.

3. Menutup Luka dengan Kasa Steril
Bungkus daerah yang terpapar air keras dengan kasa steril ataupun kain bersih secara longgar – tidak dalam keadaan tertutup rapat. Gunanya agar meminimalisir luka terkontaminasi dengan zat lainnya yang menyebabkan luka semakin parah saat perjalanan menuju rumah sakit.

4. Beri Obat Luka Bakas
Setelah dibasuh dengan air mengalir maka korban bisa diberikan obat kulit khusus luka bakar. Obat tersebut biasanya mengandung komposisi pelembab dan antibiotik untuk mencegah terjadinya infeksi.

5. Cari Bantuan Medis
Tergantung dari jenisnya, air keras bisa sangat membuat kerusakan pada kulit yang terpapar dan menimbulkan bekas luka permanen. Oleh karena itu sangat penting agar korban segera di bawa untuk mendapatkan pertolongan medis.

6. Hindari es
Pertolongan pertama bila terkena air keras yang perlu di hindari yaitu menggunakan es. Korban paparan air keras umumnya bisa merasakan kulit mereka panas seperti terbakar. Oleh karena itu beberapa orang mungkin memiliki ide meredakan gejala tersebut dengan menggunakan es yang ditempel.

COMMENTS