Cara Menghilangkan Bekas Luka

Cara menghilangkan bekas luka dapat dilakukan dengan berbagai solusi. Memiliki bekas luka di tubuh kadang dapat membuat kita merasa kurang nyaman. Apalagi jika bekas luka tersebut terletak pada area kulit yang tidak tertutupi pakaian.

Selain susah untuk dihilangkan, bekas luka juga akan membuat kita menjadi tidak nyaman dalam berpakaian. Untuk itu banyak yang telah mencoba berbagai cara menghilangkan bekas luka tersebut, baik secara alami ataupun secara instan, tetapi hasilnya tidak seperti yang diharapkan. Karena untuk menghilangkan bekas luka tersebut memerlukan waktu yang cukup lama untuk menghilangkannya.

Terkadang beberapa jenis luka menyebabkan munculnya jaringan parut. Namun kamu tak perlu cemas, sebab jaringan parut tersebut muncul karena merupakan proses alami penyembuhan luka yang dilakukan oleh tubuh. Sebenarnya ada beberapa cara medis menghilangkan bekas luka di kulit diantaranya dengan cara mengunjungi dokter spesialis kulit untuk melakukan suntik kolagen, bedah plastik, hingga dengan perawatan menggunakan teknologi laser.

Cara Menghilangkan Bekas Luka secara Alami

Bekas luka yang bisa saja Anda dapat karena luka bakar, luka jatuh, luka terbentur, dan semacamnya itu dapat dihilangkan dengan menggunakan bahan-bahan alami sebagai berikut. Cara menghilangkan bekas luka dengan bahan alami sangat minim efek samping.

1. Madu

cara menghilangkan bekas luka
Baca juga : Manfaat Madu untuk Wajah
Siapa yang menyangka dengan menggunakan madu, perlahan bekas luka Anda akan menghilang. Selain itu juga madu mampu menghilangkan bekas luka lama dan cukup ampuh. Kandungan nutrisi yang cukup lengkap membuat madu cukup digemari di masyarakat. Tidak hanya bermanfaat menjaga kesehatan saja, tapi juga efektif dalam mengoptimalkan regenerasi sel kulit baru.
Oles-oles madu ke bekas luka di tubuh Anda. Diamkan selama kurang lebih 30 menit. Setelahnya, bilaslah dengan air bersuhu hangat. Lakukan secara rutin beberapa kali dalam seminggu.

2. Daun Pare

cara menghilangkan bekas luka
Cara menghilangkan bekas luka yang kedua yaitu dengan daun pare. Daunnya dapat kita gunakan untuk menyamarkan bekas luka. Caranya, cuci sampai bersih segenggam daun Pare yang masih segar. Lalu, remas-remas sampai halus. Tambahkan sedikit air hangat, lalu peras. Kemudian, campurkan air perasan tersebut dengan 2 sendok makan tepung beras hingga teksturnya seperti lotion. Kemudian, aduk sampai merata. Balurkan pada bagian bekas luka. Biarkan sampai kering dan bilas sampai bersih.

3. Teh Hijau

cara menghilangkan bekas lukaBiasanya teh hijau banyak diseduh kemudian diminum setiap hari secara rutin. Namun untuk mengatasi bekas luka, kamu bisa memakai teh hijau sebagai toner. Teh hijau kaya akan antioksidan (EGCG). Antioksidan terbukti 200 kali lipat lebih hebat menyehatkan kulit daripada vitamin E. Antioksidan dapat berperan baik dalam mencegah jerawat, membuat kulit menjadi lebih mulus, mengurangi produksi minyak berlebih, dan tentunya membantu menyamarkan bekas luka. Caranya, gunakan ampas teh pada bekas luka, diamkan selama 30 menit, bilas bersih.

4. Menghilangkan Bekas Luka dengan Mentimun

cara menghilangkan bekas lukaMenurut salah seorang ahli kulit asal Nebraska, Joel Schlesinger menyatakan bahwa buah Mentimun memiliki kandungan zat Silika (zat yang mampu meningkatkan produksi kolagen serta mencegah keriputan). Buah yang dalam bahasa latinnya mempunyai nama Cucumis sativus ini tidak hanya mengandung vitamin C dan potasium yang baik untuk menangkal radikal bebas, tetapi juga memiliki kandungan air yang cukup tinggi dan menyegarkan.
Untuk menghilangkan bekas luka, cuci bersih mentimun, kemudian potong mentimun menjadi kecil-kecil lalu haluskan dengan blender atau ditumbuk. Setelah halus, oleskan pada bekas luka dan biarkan sepanjang malam. Jika dilakukan dengan rutin maka bekas luka dapat berangsur-angsur menjadi samar dan hilang.

5. Daun Mint

cara menghilangkan bekas lukaCara menghilangkan bekas luka bisa menggunakan daun mint. Setelah diteliti lebih jauh, ternyata daun mint memiliki kandungan mineral alami yang efektif untuk mengoptimalkan regenerasi sel kulit baru. Gunakan daun mint secara rutin untuk memudarkan bekas luka membandel. Penggunaan daun mint untuk menghilangkan bekas luka dapat menyebabkan peradangan pada kulit. Maka dari itu, sebaiknya jangan gunakan untuk menghilangkan bekas luka di area wajah.

6. Lidah Buaya

cara menghilangkan bekas lukaBeberapa penelitian membuktikan gel tanaman herbal ini diperkaya dengan kandungan lignin dan asam amino. Kedua senyawa tersebut dapat membantu melembabkan kulit, mencegah peradangan, dan mempercepat regenerasi sel. Memang bukan hal yang sulit untuk melakukan terapi ini, tetapi biasanya kebanyakan orang justru tidak telaten dan melakukannya kurang rutin sehingga hasil yang didapat kurang optimal. Caranya padahal sangat sederhana yaitu cukup dengan anda oleskan lendir dari daun lidah buaya kemudian anda tunggu hingga mengering kemudian anda bilas hingga bersih. Lakukan hal ini minimal 1 kali dalam sehari dan lihat lah hasilnya setelah beberapa minggu.

7. Jeruk Nipis

cara menghilangkan bekas lukaJeruk nipis adalah salah satu bahan alami yang sering digunakan untuk memutihkan kulit, khususnya memutihkan kulit wajah. Kandungan vitamin yang terdapat dalam jeruk nipis sangat bermanfaat bagi kulit yaitu mampu membantu menghilangkan bekas luka dan juga noda hitam pada wajah. Caranya, siapkan jeruk nipis yang masih segar kemudian belah menjadi beberapa bagian. Oleskan jeruk nipis pada bekas luka di kulit. Setelah itu, bilas menggunakan air hangat. Pada awal pemakaian terkadang akan menimbulkan rasa perih, namun jika dilakukan secara rutin hasilnya akan maksimal.

Itulah beberapa cara menghilangkan bekas luka dengan cepat yang bisa Anda terapkan. Dengan pola hidup sehat, hidup Anda akan lebih bermanfaat.

COMMENTS